Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Sama seperti berbagai peralatan elektronik lainnya, laptop yang dinyalakan dalam waktu tertentu suhunya akan terus naik dan mejadi terasa hangat atau bahkan panas. Hangat / panasnya laptop ini bisa dibilang adalah normal normal saja. Akan tetapi akan menjadi tidak normal jika kemudian panas tersebut berlebihan atau baru dipakai sebentar saja sudah panas sekali. 

panas yang timbul pada laptop ini tentunya akan cukup mempengaruhi kinerjanya. Bahkan jika panas ini cukuo lama dan terus menerus bisa jadi menjadi salah satu penyebab rusaknya laptop tersebut. untuk mencegah hal tersebut kita sebaiknya tahu penyebab dari laptop panas dan juga cara mengatasinya. Hal ini cukup penting mengingat dengan mencegah kerusakn akan lebih baik daripada memperbaiki atau membeli laptop baru apalagi bisa dibilang harga laptop juga tudak murah. Di bawah ini akan sedikit saya bahas tentang hal tersebut.

Penyebab laptop panas dan cara mengatasinya


  • terlalu lama dipakai, laptop yang terlalu lama nyala tentunya suhunya kaan meningkat dan bisa mencapai suhu yang cukup tinggi, Untuk mengatasinya ya mudah saja sebenarnya yakni dengan menggunakan laptop secukupnya saja.
  • Menjalankan aplikasi berat secara bersamaan, Kinerja cukup berat dari sebuah laptop tentunya akan mempengaruhi tinggi rendahnya suhu laptop tersebut. Untuk mengatasinya bisa dilakuakan dengan menjalankan aplikasi seckupnya saja disesuaikan dengan spek dari laptop tersebut.
  • Kipas yang sudah tidak berfungsi, jika pada sebuah laptop kipas yang berguna untuk mengeluarkan udar panas  sudah tidak berfungsi dengan baik  trentunya akan mengakibatkkan panas yang berlebiham pada laptop tersebut. menyelesaikan masalah ini dilakukan dengan cara memeriksa kondisi kipas pendingindari laptop kemudian memperbaikinya jika memang kipas tersebut masih bisa diperbaiki atau jika tidak kita mengganti kipas pendingin laptop ini dengan yang baru. Harga kipas pendingin ini  bisa dibilang cukup murah jika dibandingkan dengan harga laptop anda.
  • Berada di lingkungan yang berdebu, lingkungan yang kotor dan berdebu memungkinkan banyak debu yang masuk ke dalam body laptop. Masuknya debu ini sedikit banyak akan membuat kinerja kipas pendingin lebih berat dan tidak optimal. Untuk mengatasinya sebaiknya pakailah laptop di tempat yang bersih. Atau bisa juga dengan menambah cooling fan eksternal untuk laptop yang selain berfungsi untuk mendinginkan body laptop juga bisa untuk mencegah debu masuk ke laptop.
  • Umur laptop yang sudah tua juga bisa menjadikan laptop menjadi cepat panas. hal ini bisa jadi karena laptop laptop lawas tersebut teknologi pendinginnya sudah tidak berfungsi lagi

Comments

Popular posts from this blog

7 Laptop Murah yang Cocok Untuk Pelajar SMP dan SMA

10 Laptop Populer dan Terbaik di Indonesia Saat Ini

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Chromebook